Makassar All Matic Slow

Loading

Kamis, 01 Juli 2010

Merancang Braket Monoshock Vario CBS

Written by http://www.ototrend.com


Merancang Bracket Monosok Vario CBS Saat Ber-low Rider


Ada hal yang menarik saat merancang suspensi belakang New Vario CBS kala mengaplikasi konsep modif low rider. Sebab tulang rangkanya desain terbaru model cradle box dengan penampang persegi panjang.

“Sayang kalau pembuatan bracket memakai sistem las-lasan. Lebih baik model knock down,” buka Yono, mekaniknya rumah modif 3H di Barata Jaya 11, Surabaya. Untuk bahan bracket, Yono mengaplikasi dari plat 10 mm dengan lebar 55 mm, agar kuat menerima tahanan tekan dari monosok.


Selain itu, desain bracket dimodel huruf U di setiap masing-masing sisi yang terkait dengan rangka. Dan kemudian diperkuat 2 baut 10 mm di setiap sisinya.

Pembuatan bracket dengan desain demikian ini aman bagi rangka. Sebab, bracket yang terkait dengan rangka menapak lebih rata pada permukaan rangka. “Misalkan terjadi hentakan keras posisi berboncengan, rangka tetap aman,” yakinnya.

Bagaimana dengan bracket monosok bagian bawahnya ? Tak bisa ngawur atau mengcopy yang sudah umum diaplikasi. Sebab space bagian bawah tangki di mana rencana monosok berada, banyak perangkat aksesories yang berkaitan dengan BBM.

Salah satunya rumah membran vakum sebagai pengatur aliran BBM dari tangki. Kalau dipaksa dipasang dua biji sok, tak memungkinkan dan mesti banyak rombakan yang dilakukan, yakni memindah rumah membran vakum. “Tapi rawan membuat aliran bensin tak lancar,” kata Yono.

So, jalan satu-satunya sokbeker mesti dipasang tunggal. Dengan demikian, bracket sok bagian bawah mesti meniru desain dudukan single sok orsinya yang memakai sistem klem.

Pembuatannya lebih simpel. Sebab dapat memakai plat 15 mm dengan tinggi 7 cm. Serta tambahkan lubang 10 mm di bagian tengahnya, untuk dudukan baut pengikatnya.

Sebagai penopangnya, dapat memanfaatkan plat 8 mm. Kemudian kaitkan pada daging crank case, yang telah tersedia lubang lengkap dengan drat nya.

Untuk itu, aturan dalam pemakaian single sok yang akan dijadikan monosok, pilih yang memiliki rebound lebih kenyal. “Dan atur sudut sok lebih dari 70 derajat. Agar hasilnya tak terlalu empuk,”

1 komentar: