Makassar All Matic Slow

Loading

Minggu, 29 Agustus 2010

Bikin Pakem Rem Belakang LowRider

Bikin Pakem Rem Belakang Suzuki Spin LowRider

Written by http://otomotifnet.com   
 


Views : 1116
Published in : , Tips & Tricks

Spin LowriderModifikasi lowrider di skutik yang wajib mengaplikasi undur-undur sebagai ciri utama, jelas butuh penyesuaian di berbagai sektor. Salah satunya, sistem pengereman belakang yang otomatis jadi ikut mulur.

Nah buat mengatasi hal itu, beberapa modifikator mensiasatinya dengan membuat tuas pengungkit rem belakang yang lebih panjang (gbr.1). Di sebagian jenis motor skutik, cara tersebut terbilang ampuh tanpa mengurangi kualitas pengereman.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Namun begitu, kadang trik tersebut malah bikin rem belakang jadi gak pakem! “Banyak keluhan dari pengguna Spin lowrider. Maklum, rem standarnya kerap dirasa bagel,” ungkap Donny Permana dari rumah modifikasi Hantu Laut.

Masih menurut Donny, penyebab rem belakang Spin lowrider bagel bisa disebabkan kesalahan pada konstruksi rem yang dimodifikasi. Nah untuk itu, Donny mau berbagi trik bikin rem belakang Spin lowrider jadi pakem. Simak ya!

Pertama, buat dudukan kabel rem belakang pakai pelat besi setebal 3 mm yang ditekuk menyerupai huruf L (gbr.2). Ukuran teknisnya, tinggi badan 4,5 cm dan panjang kaki 3 cm. Selanjutnya bagian kaki diberi lubang berdiameter 10 mm untuk menahan kabel rem dan ukuran 8 mm di badan pelat untuk mengikat peranti itu ke mesin.

Kalau sudah, langsung pasang pelat tersebut pada baut mesin di bawah cover CVT menggunakan baut 8 bawaan motor. “Posisi pasangnya harus nyamping biar pelat bisa menahan kabel rem nantinya (gbr.3),” sambung Donny.

Gbr 5

Gbr 6
Kelar di bagian tersebut, lanjut membuat as pengungkit di paha ayam (gbr.4). Ukurannya, panjang 15 cm dan diameter as 10 mm. “Jangan lupa lubangi ujungnya dengan diameter 7 mm untuk tuas pengungkit. Dan ujung satunya lagi diberi tonjolan besi untuk menahan as nantinya,” wanti modifikator cerdas ini.

Sudah siap? Sekarang tinggal proses pemasangan kabel rem. Pasang kabel rem melewati pelat di bawah cover CVT yang sudah dibuat tadi. Sampai sini, jangan lupa masukan pegas pengungkit as rem belakang dan ‘kunci’ per itu memanfaatkan baut 10 (gbr.5).

Sudah? Pasang as pengungkit paha ayam dan langsung sangkutkan tuas pengungkit rem belakang sebelum akhirnya diikat dengan mur setelan rem belakang (gbr.6). Kalau sudah, boleh langsung dicoba deh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar