Makassar All Matic Slow

Loading

Rabu, 01 September 2010

Panduan Pasang Ban Ukuran 180 Pada Skutik

Panduan Pasang Ban Ukuran 180 Pada Skutik
Written by http://otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/12373

Published in : , Tips & Tricks

Ban gambot motor maticSudah bukan hal baru, menggunakan ban lebar pada skutik. Semakin besar ban kian membuat tampilannya bertambah gaya (kata penganutnya).


Malah kini, sudah ada ban lebih gambot lagi ukurannya, 180/60-14. Ban ini bisa dipasang pada skutik yang ingin tampil beda dibanding biasanya. Tetapi, soal pemasangannya tentu tak boleh sembarangan.

Seperti apa sih ban besar itu, serta macam apa pemasangannya dan apa hal yang boleh dan sebaiknya dilakukan untuk mengaplikasi ban berukuran besar ini pada skutik kesayangan Anda.
Ban profil 180 ini beredar di pasaran bermerek Swallow dengan ukuran 180/60-14, dijual dengan kisaran harga RP 520 ribu. “Aplikasinya bisa dipasang pada pelek mobil atau pelek motor lebar 5 inci,” ungkap Willy Dreeskandar, soal pelek yang bisa menggunakan ban ini.

Tetapi, jika ditelisik, penggunaan pelek mobil ini boleh dibilang sudah tidak ‘up to date’ lagi. “Sebab dulu belum ada pelek motor yang lebarnya 5 inci, sekarang sudah banyak,” tambah lelaki jangkung itu.

Hal ini dibenarkan oleh Fitri, salah satu staf Willy dari bengkel F16 Motor di kawasan Jl. Ciledug Raya, Tangerang, Banten.

Bearing roda jelas mendapat beban lebih dengan ban gambot

Motor dengan pelek mobil sudah tidak up to date
.

Menurut cewek di bagian marketing yang ternyata bisa juga melakukan tugas montir ini, beberapa pelek motor sudah bisa dipasang. “Ada yang ukurannya 8 inci kok, malah kalau di bawah itu terlihat gendut bannya nanti,” jelasnya.

Di dalam pelek perlu boss agar roda center
Ia pun menjelaskan, menggunakan pelek 6 inci atau 5 inci bukannya diharamkan, tetapi tampilannya akan seperti donat, karena lebar pelek terlalu sempit untuk ukuran bibir rodanya yang memang lebar.

Lantas, saat mengaplikasikannya, baik menggunakan pelek mobil maupun pelek motor, perlu memasang boss alias ganjal pada as rodanya. “Boss ini diperlukan agar roda tetap berada di tengah alias center,” tambah Fitri.

“Untuk Vario memiliki ruang lebih besar dibandingkan dengan Mio, sehingga bossnya berbeda, kisarannya dari 5 milimeter dan 6 milimeter,” tutur Willy.Selain itu Fitri pun meambahkan, penggunaan boss ini, selain membuat posisi roda tetap di tengah juga untuk menjauhkan dari roda bagian rumah CVT, agar tidak mentok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar